GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Tren Interior Kantor Kekinian: Modern dan Terbuka (Part 2)

May 30, 2018

tren interior kantor Tren Interior Kantor – Jika pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan bahwa strategi untuk merancang desain interior kantor Jakarta modern dan terbuka ini telah dijalankan oleh beberapa perusahaan teknologi, maka pada kesempatan ini, artikel ini akan membahas mengenai bentuk tren interior kantor kekinian di Indonesia yang modern dan terbuka melalui Bukalapak dan Gojek.

 

Jika Anda melihat eksterior kantor Bukalapak memang tidak jauh dari kebanyakan perkantoran di Indonesia. Tetapi, desain interior kantornya mengikuti konsep kantor modern-terbuka seperti yang dilakukan Apple dan Google. Konsep interior kantor modern-terbuka yang dimaksud adalah karyawan tidak dikendalikan oleh bilik-bilik yang kaku. Tidak hanya itu, konsep kantor Bukalapak juga menyediakan ruangan komunal untuk bermain Xbox, billiard, dan cafe dengan desain minimalis yang nyaman untuk para karyawannya.

 

 

Gema Buana Putra, selaku Vice President Human Capital Bukalapak, mengatakan bahwa keputusan untuk berinvestasi besar ke desain interior kantor dilaksanakan karena dua alasan utama, yaitu

  1. Hal penting yang dicari orang kini bukan hanya barang, tetapi juga experience, sehingga sebagai perusahaan, Bukalapak berkeinginan memberikan experience terhadap karyawanya. Salah satu contoh pengalaman yang ditawarkan Bukalapak adalah penyediaan cafe berbasis kelompok sosial/komunitas yang memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk bersantap siang dan malam sambil berinteraksi dikala sedang beristirahat.
  2. Desain interior kantor mempunyai hubungan dengan nilai dan tradisi perusahaan. Bukalapak merancang desain interior kantor yang terbuka dan modern bukan untuk pamer semata, tetapi untuk mencerminkan jati diri dari perusahaannya. Contohnya, desain warna-warni untuk konteks kreativitas dan inovasi, sehingga karyawan dapat membentuk sifat pantang menyerah, tidak takut berinovasi, dan tidak takut melakukan kesalahan.

 

 

Tidak hanya Bukalapak yang menerapkan desain interior kantor kekinian yang terbuka dan modern, tetapi perusahaan Gojek pun menerapkan hal senada, yaitu dengan melengkapi kantor dengan beragam ruangan multifungsi yang tidak konvensional. Beberapa fasilitas yang disediakan dalam kantor Gojek ini adalah ruang bermain Timezone; yang berisikan beberapa mainan Timezone, ping-pong, billiard; ruang gym; yoga room; kamar untuk tidur siang; dan ruang tamu yang besar.

 

 

Fasilitas-fasilitas tersebut pun dianggap benar-benar mampu membantu para karyawan menghadapi kebosanan rutinitas saat bekerja. Tidak hanya fasilitas yang mendukung komunitas, tetapi desain interior kantor Gojek pun sukses mengakomodir para karyawannya yang introvert dengan menyediakan ruangan “Silence Room”. “Silent room” ini dibentuk untuk Anda yang ingin menyendiri saat bekerja, sehingga tidak ada yang mengganggu.

 

Tren interior kantor kekinian yang terbuka dan modern seperti contoh-contoh di atas, dapat Anda aplikasikan juga pada interior kantor Anda.

 

Untuk Anda yang berencana untuk mendesain interior kantor dengan konsep modern dan terbuka, Anda dapat mempercayakannya kepada perusahaan jasa desain interior terpercaya, PT. Gema Intermulia Sejahtera. PT. Gema Intermulia ini adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor. Untuk informasi lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Gema Intermulia di www.gemaintermulia.co.id.

 

 

 

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Desain Interior Kantor

 

See Also: