GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Tips Ruang Kerja Kantor Tetap Bersih dan Rapi

May 18, 2017

 

Sebelum membaca artikel ini, coba perhatikan kondisi meja kerja Anda. Bersih atau justru berantakan?

 

Meja kantor ibarat “sampul” diri Anda di kantor. Orang bisa menilai kepribadian Anda hanya dengan kondisi meja kerja. Memang terdapat sebuat penelitian yang mengatakan jika ada hal positif saat meja kerja berantakan.

 

Hal ini dikatakan oleh Kathleen Vohs dari Universitas Minnesota. Penelitian tersebut membandingkan seseorang dengan meja rapi versus berantakan. Hasilnya, seseorang dengan meja rapi cenderung membuat seseorang konsumsi makanan lebih sehat dan menjadi orang murah hati. Sedangkan seseorang dengan meja berantakan dapat mendorong kreativitas dan membantu menciptakan ide segar.

 

Namun, meja berantakan bukan berarti harus didiamkan begitu saja. Bagaimanapun menjaga kebersihan meja kerja berdampak baik terhadap diri Anda di kantor.

 

Kenapa Meja Kerja Harus Rapi?

Meja rapi bisa menjaga citra Anda di lingkungan kantor. Anda dianggap bisa menjaga barang-barang milik perusahaan. Bekerja juga lebih fokus. Tak jarang karena banyaknya benda bertebaran di meja bisa mengganggu konsentrasi. Belum lagi saat Anda harus mencari barang, tumpukan dokumen yang menggagu bisa menghabiskan waktu banyak.

Anda juga pasti setuju jika kebersihan meja turut membantu dalam menjaga kesehatan. Meja berantakan seringkali luput dari perhatian Anda akan debu, kotoran bekas sisa makanan dan minuman yang mengandung kuman.

 

Bukan hanya itu saja, meja kerja yang bersih juga bisa meredam stress, loh. Mengingat dokumen, alat tulis, dan peralatan perkantoran lainnya tersusun dengan rapi. Beda hal saat Anda membiarkan benda-benda tak terorganisir sehingga memberikan tekanan pada pikiran.

 

Menata Meja Kerja

Sebenarnya merapikan meja kerja mudah, loh. Mencari barang saat dibutuhkan di tengah meja yang berantakan justru lebih menyulitkan. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memudahkan menata meja kerja?

 

  • Pisahkan dokumen sesuai dengan jenis dan waktu penggunaannya.
  • Tempatkan files atau kertas yang akan segera digunakan agar memudahkan Anda menemukannya.
  • Letakkan boks—atau tempat meletakkan dokumen, files, atau kertas yang mudah dicapai. Misalnya dekat dengan komputer atau di ujung sisi meja.
  • Tempatkan peralatan alat tulis, kartu nama, kalender dekat dengan boks atau di sisi kiri/kanan komputer.
  • Jika senang membaca buku untuk inspirasi/menghilangkan penat, pastikan untuk meletakkan buku yang sedang dibaca agar Anda bisa leluasa saat bekerja.
  • Beberapa pajangan, seperti frame foto atau tanaman juga bisa kok diletakkan di meja. Terlebih lagi tanaman kecil untuk memberikan kesan segar saat bekerja.
  • Pastikan untuk menyisakan ruang kosong di atas meja untuk ruang bergerak.  

See Also: