GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Tips Mengusir Kebosanan Ruang Kerja Kubikel

June 16, 2017

Tata ruang konvensional kubikel membuat karyawan kerap merasa bosan. Bagaimana tidak? Mereka terus berhadapan dengan ruang kosong dan memandang dinding dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Padahal meja kantor menjadi salah satu faktor produktivitas dalam bekerja, loh.

 

Ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengusir rasa bosan akibat konsep kubikel. Simak di sini!

 

Tips 1: Dekorasi Dinding dan Lantai

Warna kubikel yang begitu-begitu saja—tak jauh dari putih, abu-abu, atau warna netral, memang terkesan membosankan. Hiasi dinding atau kubikel Anda dengan wallpaper, hiasan, atau poster bersifat pribadi sehingga tak monoton.

Tips 2: Pencahayaan dan Suhu

Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah pencahayaan dan suhu ruangan. Misalnya, jika ruangan kantor Anda menggunakan AC sentral, letakkan kipas angin kecil di sudut kubikel yang bisa digunakan agar ruangan tak begitu panas. Bisa juga letakkan lampu meja jika dirasa terlalu gelap dan jauh dari jendela.

Tips 3: Menggunakan Furniture yang Nyaman

Rasa pegal setelah duduk seharian bisa terpicu akibat tempat duduk yang tak nyaman. Sayangnya karyawan belum tentu mendapatkan jenis kursi yang diinginkan. Jika diperbolehkan, Anda bisa membawa furniture sendiri agar lebih nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan.

 

Enaknya jika area luas. Anda bisa membawa bean bag kursi sebagai alas saat mengerjakan tugas menggunakan laptop. Untuk mencegah masalah kesehatan saat duduk terlalu lama, terapkan standing desk dengan menyusun tumpukan kertas dan meletakkan laptop/monitor di atasnya.

Tips 4: Tanaman Mini

Berikan sentuhan hijau pada kubikel dengan tanaman hijau kecil yang tak perlu Anda siram terus menerus, seperti Sirih Gading atau kaktus mini. Bukan hanya sebagai pajangan, tanaman mini berfungsi sebagai penyejuk dan penghilang rasa bosan.

Tips 5: Beauty Corner

Jika pekerjaan Anda menuntut untuk tampil rapi setiap saat, maka penting nih meletakkan beauty corner daripada “alat tempur” Anda berceceran di meja dan mengganggu. Tak perlu meletakkan semua makeup, cukup makeup penting, seperti lipstick, body lotion, sisir, parfum, dan bedak. Namun, hindari cermin besar ya agar Anda tetap fokus bekerja!

See Also: