GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Tingkatkan Produktivitas dengan 5 Desain Ruang Kerja Kantor Ini

May 31, 2017

Kapan terakhir Anda merenovasi desain ruang kerja kantor? Pekerjaan yang monoton, kerap membuat karyawan merasa bosan. Hal kecil yang bisa dilakukan perusahaan adalah melakukan renovasi.

 

Tak perlu besar-besaran. Perusahaan bisa mengubah interior desain kantor demi produktivitas dan membuat karyawan betah. Apa yang bisa dilakukan?

 

Meletakkan Tanaman Hijau

Unsur alam seperti tanaman hijau dalam ruang kantor dapat meningkatkan konsenterasi hingga 15 persen. Peneliti Cardiff University melakukan study bersama dua kantor komersial di Belanda di Inggris. Study yang tertulis dalam Journal of Experimental Psychology tersebut menyimpulkan bahwa produktivitas meningkat sebanyak 15 persen setelah kantor meletakkan tanaman hijau di ruangan selama 3 bulan.

 

Meletakkan Wewangian di Ruangan

Bagi sebagian orang, wewangian cukup mengganggu. Namun, wewangian dengan aroma yang tepat bisa meningkatkan produktivitas bekerja. Aroma tersebut bisa memengaruhi fokus dan mood karyawan saat bekerja.

 

Pilih aroma yang tepat—kalau memungkinkan meletakkan wewangian yang berbeda di setiap ruangan. Aroma lavender bisa memberikan efek tenang yang cocok diletakkan di ruang istirahat. Bisa juga meletakkan aroma pinus untuk menajamkan fokus.

 

Mengubah Dekorasi Meja Kantor

Produktivitas bekerja tak selalu tanggung jawab perusahaan. Para karyawan harus berpatisipasi menghilangkan rasa bosan. Nah, tahukah Anda jika mengubah dekorasi meja kantor dapat mengusir stress—dan ujungnya dapat meningkatkan produktivitas?

  • Percantik dinding atau kubikel dengan kertas warna-warni, lukisan kecil, atau benda seni lainnya agar lebih berwarna.
  • Letakkan tulisan motoi  vasi agar karyawan lebih optimis dan bersemangat.
  • Posisi duduk ternyata berpengaruh pada produktivitas dan kesehatan. Anda bisa mengusir rasa pegal duduk dengan meletakkan bantal bermotif yang juga berfungsi sebagai interior ruangan.

Mendengarkan Musik Favorit

Mood baik akan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja. Salah satu cara umum meningkatkan mood adalah mendengarkan musik. Sayangnya tak ada yang dapat menentukan satu musik tertentu. Namun, para peneliti menyarankan karyawan mendengarkan lagu favorit sambil bekerja. Jadi, tak perlu protes jika karyawan Anda menggunakan earphone di meja kerjanya.

 

Ruang Pribadi untuk Karyawan

Meskipun trend office design interior saat ini berkonsep open space, ruang pribadi karyawan tak bisa ditinggalkan. Sejumlah penelitian justru mengatakan jika konsep open space menurunkan produktivitas kerja. Belum lagi tanpa privasi, karyawan merasa kurang nyaman.

 

Jika kantor Anda tak begitu luas, pastikan tetap menyediakan ruangan pribadi untuk keperluan rapat atau konferensi. Bahkan jika memang sedang tak digunakan, perbolehkan karyawan bebas menggunakan untuk bekerja.

See Also: