GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Simak Pedoman Singkat Tentang Desain Ruang Kerja Kantor Menurut Fengshui

March 10, 2017

Menerapkan desain ruang kerja kantor sesuai dengan ilmu fengshui tidak ada salahnya, kok. Terlebih lagi fengshui memang dikenal sebagai ilmu yang memelajari peletakkan benda demi keberuntungan dan kenyamanan. Tak sedikit juga fengshui menjadi pedoman dalam menata ruangan.

 

Penataan fengshui pada ruangan kerja, baik untuk ruang kerja bos, ruang meeting, hingga tata letak ruang dan barang karyawan, dipercaya memperlancar aliran energi positif. Hal ini akan berdampak pada kinerja dan produktivitas karyawan.

 

Ada beberapa hal penting yang harus disimak dalam menata desain ruang kerja kantor menurut fengshui, agar kepercayaan rezeki dan kesehatan bisa mengalir dengan baik.

 

Posisikan meja dengan datangnya cahaya

Letakkan meja kerja searah dengan datangnya sinar atau cahaya, seperti sinar matahari. Pasalnya cahaya dipercaya mampu membawa energi pada pikiran dan tubuh saat bekerja. Letakkan meja dekat dengan jendela kantor dan hindari bentuk meja letter L karena dianggap tak proporsional dengan tubuh.

 

Hindari menghadap dinding atau membelakangi jendela

Dalam kerpecayaan fengshui, posisi menghadap dinding atau membelakangi jendela dianggap bad luck dan sebaiknya dihindari. Jika ruang kerja Anda terpaksa seperti itu, ada beberapa solusinya. Seperti memasang lukisan pada dinding belakang atau meletakkan cermin kecil di atas meja jika posisi membelakangi jendela. Cara tersebut bisa menangkal bad luck atau pengaruh buruk.

 

Nyaman dengan blazer di sandaran kursi

Kedapatan posisi membelakangi zona aktivitas sibuk di kantor? Zona aktivitas sibuk seperti ruang rapat atau ruang kerja karyawan, seringkali membuat Anda tak nyaman saat bekerja. Solusinya gampang, kok! Anda hanya perlu meletakkan blazer atau jaket pada sandaran kursi agar tetap nyaman.

 

Buka pintu lebar

Jika ruang kerja kantor Anda sendiri, biarkan pintu terbuka lebar dan hindari meletakkan cabinet atau benda besar. Pintu yang terbuka lebar bisa memperlancar aliran chi atau energi positif, lagipula akan memudahkan karyawan keluar masuk.

 

Hindari aksesoris mencolok dengan komputer

Agar kerja lebih nyaman, banyak karyawan meletakkan aksesoris tambahan pada komputer. Tahukah Anda jika komputer memiliki energi besar pada daya kerja? Ada kepercayaan meletakkan aksesoris dengan warna mencolok, seperti merah, orange, biru, dan ungu bisa menyerap energi positif. Jadi, ada baiknya tak meletakkan banyak aksesoris dekat komputer.

 

Beberapa aksesoris yang akan digunakan, seperti alat tulis bisa ditampung di satu vas kecil. Vas kecil bisa menyerap gelombang elektromagnetik yang membuat produktivitas bekerja meningkat. Untuk frame foto, letakkan di sebelah kanan dan pilih foto yang berkesan ceria untuk melambangkan keharmonisan.

 

Nah, kira-kira apakah pedoman dasar fengshui sudah diterapkan dalam desain ruang kerja kantor Anda?

 

See Also: