GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Sewa Gedung Kantor? Ini Triknya

June 26, 2017

Banyak perusahaan startup memutuskan untuk menggunakan co-working space untuk kegiatannya. Namun, perusahaan yang terus berkembang juga membutuhkan ruangan yang lebih besar demi efisiensi pekerjaan dan budget.

 

Setelah menyadari perusahaan membutuhkan kantor, Anda memutuskan untuk mulai mencari ruangan kantor yang bisa disewa. Ada beberapa pertimbangan yang harus disimak sebelum perusahaan menyewa gedung atau ruang kerja kantor, seperti di bawah ini.

 

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Disiapkan Perusahaan Saat Pindah Kantor

Lokasi Strategis

Lokasi strategis dalam artian bukan hanya dekat dan mudah akses ke mana pun, tetapi perusahaan juga bisa menyediakan lokasi yang mudah diakses oleh seluruh tim. Hal ini membantu karyawan datang ke kantor tepat waktu tanpa hambatan. Ciri lokasi yang strategis adalah mudah diakses transportasi, dekat dengan jalan tol, dan alamat yang mudah ditemukan.

Fasilitas Gedung

Fasilitas apa saja sih yang ada dalam gedung tersebut? Perusahaan membutuhkan beberapa tempat untuk menunjang kegiatan mereka, seperti bank, parkir, café atau kantin, hingga lokasi meeting. Akan lebih baik jika gedung tersebut memiliki beberapa fasilitas.

Kontrak Sewa yang Jelas

Kontrak menjadi pegangan perusahaan yang isinya terdiri dari ketentuan dan syarat. Nah, penting bagi perusahaan mengerti jelas isi kontrak. Setidaknya perjelas hal di bawah ini dalam kontrak sewa.

  1. Ketahui siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan kantor yang mungkin saja terjadi, apakah pemilik gedung atau penyewa. Jika tanggung jawab berada di pihak penyewa, maka perusahaan harus menyisihkan budget tak terduga mengingat biaya renovasi kantor tak sedikit.
  2. Sejauh mana penyewa bisa melakukan renovasi kantor? Beberapa pemilik gedung biasanya melarang mengubah bentuk, padahal perusahaan ingin mendekorasi ruangan kantor sesuai dengan image Namun, jika tenyata diperbolehkan, maka ketahui batasan mengubah kantor.

BACA JUGA: Renovasi Kantor Lama atau Pindah ke Kantor Baru?

Gedung Kantor yang Aman

Investasi kantor tak ternilai harganya. Tak mau jika data atau barang kantor hilang karena maling, bukan? Nah, penting untuk memilih gedung perkantoran yang aman. Setidaknya gedung memiliki sistem pengamanan—baik pada jam kantor maupun di luar jam kantor.

Pertimbangkan Biaya & Lama Sewa Kantor

Berapa lama Anda menyewa gedung tersebut akan berpengaruh pada besaran budget yang harus dikeluarkan. Selain membayar sewa gedung utama, perusahaan juga membayar service charge, yang meliputi kebersihan, keamanan, dan maintenance gedung. Jadi, amat disarankan jika perusahaan bisa menentukan lama sewa kantor, apalagi jika perusahaan belum established.

See Also: