GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Open Plan Office, Solusi Praktis untuk Kantor Berukuran Kecil

May 25, 2017

Bagi kebanyakan perusahaan besar memiliki area kantor yang luas dan nyaman, tentu bukan menjadi sesuatu hal yang sulit untuk diwujudkan. Area kantor yang besar memiliki beberapa kelebihan, seperti ruang gerak yang leluasa, variasi furniture di setiap ruangan, serta mampu meningkatkan mood dan produktivitas karyawan.

 

Bagi perusahaan  start-up dengan area kantor yang kecil, apakah bisa memiliki kantor yang nyaman dan terkesan lega? Tentu saja bisa, asalkan kita cermat dalam menata tata letak furniture dan menerapkan sharing area dan multipurpose room di dalam kantor. Berikut tips dan trik untuk kantor yang tergolong dalam kategori mini.

 

  • Collaboration Working Table

 

Open space area dengan co-working table adalah jawaban bagi kantor yang memiliki area kantor yang terbatas, pilihan ini akan memberikan kesan luas karena tanpa ada pembatas. Kelebihan lainnya, komunikasi antar karyawan juga semakin intens, karena interaksi dan diskusi mengenai pekerjaan dapat dilakukan setiap saat tanpa harus berpindah tempat.

 

 

  • Folding Partition for Meeting Room

 

Meeting room adalah  ruangan wajib yang dimiliki oleh setiap perusahaan. Namun bagi perusahaan yang memiliki ukuran mini, pembuatan meeting room harus dilakukan dengan cermat. Perhitungan luas area, kapasitas daya tampung, dan konsep design untuk meeting room harus pas dan disesuaikan dengan luas area kantor. Solusi terbaik untuk pembuatan meeting room adalah dengan menggunakan folding partition. Hal ini akan menghasilkan sebuah multipurpose meeting room yang berfungsi sebagai big meeting room sekaligus small meeting room.

 

  • High and Long Cabinet on the wall

 

Collaboration working table juga bertujuan untuk mengedukasi karyawan agar tetap menjaga meja kerja bersih dan rapi, tanpa ada dokumen yang diletakkan di meja kerja pada saat meninggalkan kantor. Solusi terbaik untuk menyimpan dokumen adalah di dalam cabinet. Penempatan cabinet pun harus disesuaikan dengan ruangan kantor. Agar tidak menggunakan banyak tempat, lokasi cabinet dapat diletakkan di sisi ruangan yang menempel dengan wall dengan ketinggian dari lantai hingga mencapai ceiling kantor. Hal ini bertujuan setiap ruangan di dalam kantor berfungsi dengan efektif dan efisien.

 

 

  • Open Pantry

 

Penempatan open pantry di window side akan menjadi sebuah terobosan baru yang bisa diterapkan di kantor dengan luas area yang terbatas, karena tidak memerlukan pembatas antar ruang dan bisa juga berfungsi sebagai casual discussion area.

 

Secara signifikan open plan office akan mampu menekan budget. Dengan layout yang terbuka, biaya yang dikeluarkan untuk jasa konstruksi dan office interior design akan lebih effisien karena mengurangi pemakaian partisi dan pembatas antar meja maupun ruangan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai open plan office dan concept design yang cocok untuk kantor Anda? Silakan konsultasikan dengan Gema Intermulia Sejahtera. (Dedy Napitupulu)

See Also: