GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

5 Cara Sederhana Mendesain Ruang Kantor Agar Semakin Produktif

February 26, 2018

Mendesain Ruang Kantor – Tentunya produktivitas karyawan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan bagi setiap perusahaan. Hal ini dikarenakan jika karyawan perusahaan Anda semakin produktif, maka perkembangan bisnis perusahaan Anda pun akan semakin berkembang. Lalu, bagaimana cara mempertahankan atau bahkan meningkatkan produktivitas para karyawan tersebut? Salah satu cara yang paling sederhana dan murah adalah dengan mendesain ruangan kantor. Menurut beberapa studi yang pernah dilakukan ditemukan bahwa penurunan kinerja karyawan bukan hanya disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk, tetapi juga dapat dikarenakan lingkungan kantor yang tidak mendukung proses bekerja.

 

Untuk itu, berikut ini ada 5 cara mendesain ruang kerja kantor Anda agar dapat meningkatkan produktivitas para karyawan.

 

Open Space

Mendesain Ruang Kantor

Konsep open space yang dimaksud adalah membuat ruang kantor Anda menjadi tidak bersekat. Dengan membentuk ruang kantor Anda tidak bersekat, maka akan membuat sesama anggota karyawan Anda lebih mudah berinteraksi dan komunikasi satu sama lain. Dan dengan kemudahan dalam berkomunikasi dan berinteraksi ini, maka sesama anggota karyawan Anda memiliki hubungan yang lebih dekat dan erat.

 

Pencahayaan yang Cukup

Mendesain Ruang Kantor

Salah satu yang cara terpenting dalam mendesain ruang kantor Anda agar dapat meningkatkan produktivitas adalah memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini dikarenakan pencahayaan yang buruk dapat memicu timbulnya stress akibat rendahnya hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh. Hormon kortisol ini sendiri adalah hormon yang berperan dalam mengolah gula atau glukosa dan lemak dalam tubuh untuk menyediakan energi, serta mengendalikan stress yang dipengaruhi oleh berbagai kondisi seperti infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stress fisik dan emosional. Oleh karena itu, penting bagi Anda mendesain ruang kantor agar memiliki pencahayaan yang cukup.

 

Buatlah Space Untuk Bersantai

 

Mendesain Ruang Kantor

 

Tubuh manusia memiliki batas dalam bekerja. Untuk itu, karyawan Anda pun bisa saja mengalami stress atau suntuk dan membutuhkan sedikit ruang untuk bersantai sejenak. Maka, Anda bisa mendesain ruang kantor Anda untuk memiliki space santai yang sangat sederhana, yaitu dengan memanfaatkan sedikit pojok ruangan yang tidak terpakai.

 

Warna Ruangan

 

Mendesain Ruang Kantor

 

Selain warna putih, ada juga warna lain yang dapat membantu produktivitas karyawan Anda, yaitu

  • Biru – dapat merangsang individu untuk menghasilkan karya berkualitas tinggi.
  • Hijau – Warnanya yang melambangkan alam dan bersuasana santai, maka mampu membantu mengurangi stres.
  • Kuning – Warna ini mampu meningkatkan optimism, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan tentunya 

Furnitur Ergonomis

 

Mendesain Ruang Kantor

 

Selain pencahayaan, penataan perabotan kantor juga sama pentingnya. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan yang akan dirasakan oleh para karyawan Anda. Jika karyawan merasa nyaman, maka tingkat produktivitas mereka juga akan meningkat. Untuk itu, atur perabotan kantor Anda agar nyaman, seperti ketinggian meja, kursi, dan monitor komputer agar seimbang sehingga paha sejajar dengan lantai, dan lengan atas tegak lurus, serta pergelangan tangan harus lurus di atas meja dan mata secara alami harus melihat langsung ke monitor komputer.

 

Itulah 5 cara mendesain ruang kerja kantor Anda agar dapat meningkatkan produktivitas para karyawan. Untuk memudahkan pengerjaan dalam mendesain ruang kantor Anda, Anda dapat mempercayakannya kepada perusahaan jasa desain interior terpercaya, Gema Intermulia. Gema Intermulia ini adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor. Untuk informasi lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Gema Intermulia di gemaintermulia.co.id.

See Also: