GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Menciptakan Kantor yang Nyaman Menurut Negara Paling Bahagia

July 28, 2017

Dalam seminggu kita memiliki 168 jam. Biasanya dari 168 jam yang kita miliki dihabiskan 40 jam untuk bekerja. Maka bisa dibilang kita dituntut untuk produktif selama 40 jam.

 

Bisa produktif selama 40 jam tentulah tidak mudah karena seringkali pegawai mudah terdistraksi. Berdasarkan penelitian University of Warwick, pegawai yang bahagia bisa meningkatkan keproduktivitasannya sebanyak 12%. Sementara pegawai yang tidak bahagia menjadi lebih tidak produktif sebanyak 10%. Untuk membuat suasana yang membahagiakan tentu tidak mudah. Apalagi, setiap orang menafsirkan kebahagiaan dengan cara yang berbeda-beda. Perasaan bahagia pun tidak bisa diukur. Banyak yang mengatakan bahwa kebahagiaan itu muncul ketika kita merasa nyaman.

 

 

Denmark, salah satu negara yang memiliki penduduk paling bahagia menggunakan kosakata “hygge” untuk mengekspresikan perasaan  ketika seseorang merasa senang dan nyaman atas suatu keadaan yang sedang terjadi. Pada tahun 2016 kata ini cukup populer bahkan menurut Collins English Dictionary, kata Hygge menjadi Word of the Year sesudah kata brexit di Inggris pada tahun 2016. Yang unik dari kata yang dibaca  HUE-gə atau HOO-gə ini adalah kata ini menjadi salah satu jenis konsep desain interior. Konsep hygge umumnya digunakan untuk memberi kesan nyaman yang sering digunakan di rumah.

 

Memiliki kantor yang senyaman rumah tentu saja tidak mustahil. Biasanya kantor dengan kesan hommie digunakan agar staff bisa merasa nyaman bekerja jika harus berlama-lama di kantor. Salah satu cara untuk memiliki kantor yang hommie adalah dengan menerapkan konsep  hygge pada kantor. Bagaimana caranya?

 

Benching System

Biasanya konsep hygge pada kantor menggunakan workstation dengan benching system, yaitu staff ditempatkan secara sejajar dan juga berhadap-hadapan seperti image di bawah.

Desain kantor yang menggunakan benching system akan memiliki staff yang banyak berinteraksi satu sama lainnya. Jika antar staff dapat berinteraksi satu sama lain, mereka akan menjadi semakin akrab sama halnya dengan pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Keakraban yang terjalin akan membuat para staff merasa bahwa kantor sudah seperti rumah keduanya.

Collaboration Area

Staff juga perlu merasa relax di kantor. Salah satu caranya adalah dengan adanya collaboratian area yaitu sebuah area di mana para staff bisa menjadi tidak kaku. Collaboration area bisa berbentuk standing dicussion, hot desk, informal discuss area, dan lainnya. Kursi dan meja yang digunakan juga lebih santai untuk menunjang  manfaat dari collaboration area sendiri.

Sentuhan Natural

Desain Interior dengan sentuhan natural seperti warna kayu dapat memberikan kesan yang hangat. Dengan menggunakan tanaman juga dapat memberikan kesan yang berbeda. Selain membantu meredam suara, tanaman pada kantor juga bisa memberikan kesan pada ceiling accoustic kantor. Adanya tanaman dalam lingkungan kita diduga dapat mengurangi rasa stres, lelah, dan dapat meningkatkan produktivitas.

Pencahayaan Jingga

Masyarakat Denmark dikenal dengan kebiasaannya untuk menyalakan lilin sehari-hari. Tentu saja kebiasaan tersebut tidak bisa luput dari konsep design hygge. Namun, tidak mungkin menyalakan lilin jika kantor kita terletak di gedung perkantoran. Hal itu dapat disiasati dengan menggunakan lampu meja berwarna jingga yang hangat.

Merasakan kantor senyaman rumah merupakan keadaan dan atmosfer yang dirasakan, oleh karena itu untuk membuat kantor senyaman rumah harus benar-benar mengenali budaya dan kebiasaan dari kantor tersebut. Dengan begitu konsep hygge dapat diterapkan dan dirasakan pada suatu kantor.

See Also: