GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Manfaat Memiliki Tanaman di Kantor Anda (Part 2)

January 29, 2019

Tanaman kantor

Pada dasarnya, manusia memiliki keinginan bawaan untuk terhubung dengan alam yang biasa disebut dengan ‘biofilia’. Bahkan sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan sisi positif dari memiliki lebih banyak tanaman hijau di kantor Anda. Berikut adalah berbagai manfaat menempatkan lebih banyak tanaman hijau di kantor Anda bagi Anda dan karyawan Anda.

 

4. Tanaman membuat ruang kerja lebih menarik bagi pelamar

 

Desain interior yang terinspirasi dari alam yang biasa dikenal sebagai desain biofilik memiliki manfaat dalam mempengaruhi keputusan para pelamar untuk bergabung dengan perusahaan. Hal ini dikarenakan biofilia (yang berarti cinta akan alam) memiliki fokus pada ketertarikan bawaan manusia pada alam dan proses alami. Untuk itu, dengan menggunakan desain biofilik ini, Anda telah memanfaatkan pendekatan ini untuk menciptakan lingkungan alami dalam bekerja. Dengan secara sadar memasukkan alam dalam desain interior kantor atau arsitektur, kita secara tidak sadar terhubung kembali; membawa dunia luar yang indah ke dunia buatan kita.

 

Baca artikel sebelumnya : Manfaat Memiliki Tanaman di Kantor Anda (Part 1)

 

5. Tanaman membersihkan udara

 

Sementara manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, tanaman menyerap gas yang tidak kita butuhkan – karbon dioksida – dan menggabungkannya dengan air dan cahaya untuk menghasilkan energi dalam proses yang disebut fotosintesis. Hal inilah yang membuat tanaman mahir menghilangkan bahan kimia, seperti benzene, trichlorethylene, dan formaldehyde dari udara, sehingga menjadikannya lebih bersih bagi manusia untuk bernafas.

 

Bahkan penelitian yang lebih baru telah menemukan bahwa tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat karbon dioksida sekitar 10% di kantor ber-AC dan sekitar 25% di gedung tanpa AC. Tips bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat ini dari kantor Anda, maka tempatkan tanaman berukuran sedang (di atas sekitar 20cm). Dengan demikian, Anda telah membuat pengurangan yang sangat besar untuk bahan kimia pada udara di kantor Anda.

 

6. Tanaman membantu mengurangi tingkat kebisingan

 

Dengan menyerap suara, tanaman membantu mengurangi efek mengganggu dari obrolan kantor. Dengan memposisikan pot tanaman yang lebih besar, di beberapa lokasi di tepi dan sudut ruangan memiliki manfaat positif yang besar.

 

7. Tanaman dapat meningkatkan kreativitas

 

Karyawan yang memasukkan unsur-unsur alami mendapat skor 15% lebih tinggi untuk kreativitas daripada karyawan yang tidak memasukkan unsur-unsur tersebut. Hal ini terbukti melalui teori pemulihan perhatian yang menunjukkan bahwa melihat alam – dan bahkan hanya gambar alam – dapat mengubah otak menjadi mode pemrosesan yang berbeda, membuat karyawan merasa lebih santai dan lebih mampu berkonsentrasi.

 

Itulah keseluruhan 7 manfaat menempatkan lebih banyak tanaman hijau di kantor Anda bagi Anda dan karyawan Anda. Meskipun demikian, Anda harus memahami bahwa tidak semua tanaman bisa diletakkan dalam kantor Anda. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ketersediaan cahaya matahari, seberapa sering mereka perlu disiram, dan lainnya. Adapun tanaman yang akan tumbuh subur di tempat kerja Anda, yaitu termasuk sukulen (yang termasuk lidah buaya dan kaktus), tanaman karet, dan bunga lili.

 

Untuk Anda yang ingin mendesain interior kantor Anda kembali untuk mendapatkan berbagai manfaat positif dari meletakkan tanaman pada kantor Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa interior kantor untuk membantu Anda. Salah satu jasa interior kantor yang dapat Anda percaya adalah PT. Gema Intermulia Sejahtera. PT. Gema Intermulia Sejahtera ini adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor. Dengan segala pelayanan yang diberikan, Anda dapat memperoleh hasil desain interior kantor yang terbaik.

See Also: