GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Manfaat Memiliki Tanaman di Kantor Anda (Part 1)

January 17, 2019

Manfaat Memiliki Tanaman di Kantor Anda (Part 1)

 

Pada dasarnya, manusia memiliki keinginan bawaan untuk terhubung dengan alam yang biasa disebut dengan ‘biofilia’. Bahkan sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan sisi positif dari memiliki lebih banyak tanaman hijau di kantor Anda. Berikut adalah berbagai manfaat menempatkan lebih banyak tanaman hijau di kantor Anda bagi Anda dan karyawan Anda.

 

  1. Tanaman membantu mengurangi stress

Sebuah studi pada tahun 2010 oleh University of Technology baru, Sydney, ditemukan bahwa terdapat pengurangan signifikan dalam stres pada kalangan pekerja ketika tanaman diletakkan dalam ruang kerja mereka. Tidak hanya itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya penurunan sebesar 37% dalam hal ketegangan dan kecemasan; 58% dalam depresi atau kekesalan; 44% dalam kemarahan dan permusuhan; dan penurunan kelelahan sebesar 38%. Dengan demikian, studi ini pun menyimpulkan bahwa satu tanaman per ruang kerja dapat memberikan tumpangan yang sangat besar bagi semangat karyawan, serta meningkatkan kesejahteraan dan kinerja. Tidak hanya berkaitan dengan tanaman, para pendukung psikologi warna pun berpendapat bahwa warna hijau memiliki efek santai dan menenangkan, sehingga dekorasi interior kantor dengan nuansa hijau ini berpotensi memiliki pengaruh yang sama dengan meletakkan tanaman di ruang kerja.

 

Artikel lainnya : Jasa desain interior

 

  1. Tanaman membantu meningkatkan produktivitas

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa produktivitas karyawan melonjak sebesar 15% ketika lingkungan kerja dipenuhi dengan beberapa tanaman hias. Tidak hanya itu, menambahkan satu tanaman per meter persegi akan meningkatkan retensi memori dan membantu karyawan mendapat skor lebih tinggi pada tes dasar lainnya. Adapun tips yang bisa Anda terapkan adalah meletakkan tanaman di meja Anda, sehingga Anda bisa lebih bahagia dan bekerja lebih baik.

 

  1. Tanaman membantu mengurangi tingkat penyakit dan ketidakhadiran

Mereka yang lingkungannya memasukkan unsur-unsur alami memiliki skor kesejahteraan 15% lebih tinggi dan skor produktivitas 6% lebih tinggi daripada karyawan yang kantornya tidak memasukkan unsur-unsur alami tersebut. Tidak hanya itu, beberapa ahli juga berpendapat bahwa menambahkan tanaman ke lingkungan kerja dapat membantu mengurangi resiko sindrom membangun penyakit. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian kecil oleh Universitas Pertanian Norwegia pada tahun 1990-an yang menemukan bahwa menempatkan tanaman pada kantor berkaitan dengan penurunan dalam berbagai gejala kesehatan yang buruk sebesar 25%, termasuk kelelahan, masalah konsentrasi, kulit kering, serta iritasi pada hidung dan mata.

 

Itulah 3 dari 7 manfaat menempatkan lebih banyak tanaman hijau di kantor Anda bagi Anda dan karyawan Anda. Untuk Anda yang ingin mendesain interior kantor Anda kembali untuk mendapatkan berbagai manfaat positif dari meletakkan tanaman pada kantor Anda, maka Anda dapat menggunakan jasa interior kantor untuk membantu Anda. Salah satu jasa interior kantor yang dapat Anda percaya adalah PT. Gema Intermulia Sejahtera. PT. Gema Intermulia Sejahtera ini adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor. Dengan segala pelayanan yang diberikan, Anda dapat memperoleh hasil desain interior kantor yang terbaik.

 

 

 

 

Baca juga : Jasa desain interior kantor

See Also: