GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Kebiasaan Kecil Menciptakan Ruang Kerja Kantor Ramah Lingkungan

April 12, 2017

Desain ruang kerja kantor yang nyaman dan sehat bisa memicu kreativitas dan produktivitas karyawan. Konsep hemat energi dan ramah lingkungan sudah menjadi tuntutan gedung perkantoran mengingat aktivitas kantor yang berkaitan dengan listrik turut berkontribusi dalam masalah global warming.

 

Menciptakan program kantor hijau bisa dilakukan saat pembangunan awal atau dilakukan renovasi. Harus ada pemilihan dan peletakkan furniture yang hemat energi dan ramah lingkungan, penataan layout ruangan kerja kantor, hingga alat elektronik berfungsi ganda.

 

Pengaplikasiannya harus mengikutsertakan seluruh orang kantor untuk menerapkan kebiasaan ramah lingkungan. Hidup lebih sehat, efisien, perusahaan juga bisa lebih menekan budget. Anda dan karyawan bisa kok menciptakan kantor hijau, minimal dengan melakukan hal di bawah ini.

 

Pengurangan Kertas

Penggunaan kertas memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan kantor. Namun, Anda bisa meminimalisir penggunaan dengan melakukan pekerjaan kantor, seperti tulis-menulis, menyimpan data, atau mengirim surat secara digital. Hindari mencetak dokumen jika tak begitu penting. Reuse kertas bekas untuk mencorat-coret dibandingkan mengambil kertas baru.

 

Barang Elektronik Berfungsi Ganda

Penggunaan listrik pada barang elektronik terbilang banyak dan jangka panjang. Demi efisiensi, pilih barang elektronik multifungsi. Misalnya membeli mesin fotokopi, printer, scanner, dan fax dalam satu mesin daripada membeli satu per satu.

 

Memaksimalkan Pencahayaan

Sudahkah menerapkan jenis lampu Compact Flurescent Lamp (CFL) dan lampu LED pada ruangan kerja kantor Anda? Kedua jenis pencahayaan tersebut terbukti lebih hemat energi dan memiliki jangka waktu lebih lama.

 

Cara lain untuk memaksimalkan pencahayaan adalah dengan memasang banyak jendela atau dinding kaca pada kantor. Dengan begitu cahaya alami akan masuk pada ruangan kerja sehingga Anda tak perlu menyalakan lampu banyak, khususnya pada siang hari.

 

Tanaman di Kantor

Meletakkan tanaman hijau bukan hanya memberikan dampak asri dan ramah lingkungan saja, loh. Ada beberapa manfaatnya, seperti membantu menghilangkan stress dan membuat tubuh serta pikiran lebih rileks. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika tanaman di kantor bisa meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi.

 

Sementara jika Anda sering mengeluhkan kulit yang kering karena terkena AC, sebaiknya letakkan tanaman di sekitar. Tanaman bisa mencegah kulit kering dan mengurangi tingkat penyakit para karyawan.

 

Matikan Listrik yang Tak Terpakai

Kedengarannya sepele, tetapi masih banyak yang kelupaan mematikan listrik yang tak terpakai. Mematikan lampu, AC, atau monitor komputer yang tak terpakai walaupun hanya sebentar turut membantu menghemat energi di kantor.

 

Apakah hal-hal mudah tersebut sudah diaplikasikan di kantor Anda?

See Also: