GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Jenis Pencahayaan Buatan untuk Ruangan Kerja Kantor

May 12, 2017

Pernahkah menyadari jika beberapa pencahayaan memberikan nuansa yang berbeda? Hal ini dikarenakan terdapat beberapa sistem pencahayaan sehingga dapat mengubah atmosfer dalam sebuah ruangan tertutup, misalnya ruangan kerja kantor.

Dalam ilmu interior design, dasar pencahayaan warna terbagi dalam dua jenis, daylight dan warmlight.

 

  • Daylight atau cahaya putih kerap digunakan sebagai penerangan ruangan kerja kantor yang memberikan kesan netral. Cahaya putih tak membuat mata cepat lelah saat Anda harus mengerjakan pekerjaan detail, seperti membaca, menulis, dan pekerjaan tangan lainnya.

 

  • Warmlight atau cahaya kuning mulai banyak diterapkan pada industri F&B. Tak sedikit warmlight dijadikan sebagai general lighting. Pencahayaan ini memberikan suasana cozy dan membuat nafsu makan meningkat.

Cahaya Buatan

Pencahayaan buatan seperti lampu faktanya tak hanya berfungsi sebagai penerangan. Dengan segala bentuk dan jenis, lampu juga berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Jasa design interior akan mengetahui bagaimana menempatkan lampu dan jenis warna cahaya yang cocok pada ruangan kantor.

 

Jika dilihat dari fungsinya, cahaya buatan terdiri dari 4 jenis berikut.

 

 

  • General Lighting

 

General Lighting merupakan sistem pencahayaan yang menjadi penerangan utama dalam sebuah ruangan sehingga penghuni bisa melihat segala isi ruangan dengan jelas. Peletakkannya berada di titik poros ruangan atau beberapa titik yang terpasang simetris

Jenis lampu yang digunakan seperti lampu gantung, down light, chandelier, atau lampu langit. Perbedaan luas, warna, dan dekorasi ruangan akan memberikan efek intensitas cahaya yang berbeda. Namun, tujuan utamanya adalah memberikan cahaya ke seluruh ruangan tanpa membuat mata lelah.

 

  • Accent Lighting

Accent lighting biasa digunakan untuk menonjolkan koleksi penghargaan perusahaan ataupun menyorot benda seni seperti pajangan agar terlihat lebih “hidup”. Jenis pencahayaan ini memang lebih terang hingga tiga kali lipat dibandingkan pencahayaan ruangan pada umumnya karena berfungsi sebagai menampilkan unsur keindahan.

 

  • Task Lighting

Jenis pencahayaan yang biasa digunakan untuk kantor adalah task lighting. Sesuai dengan namanya, digunakan untuk memberikan lebih banyak cahaya pada area tertentu, seperti meja. Anda bisa menempatkan task lighting untuk memberikan pencahyaan tambahan saat membaca.

 

  • Decorative Lighting

Untuk menambah estetika dalam sebuah ruangan di perusahaan, gunakan decorative lighting. Ada banyak jenis, warna, bahan, dan model sehingga bisa disesuaikan dengan citra perusahaan Anda, seperti bergaya klasik, minimalis, atau modern. Bisa dikatakan decorative lighting dapat berfungsi sebagai general lighting dengan bentuk lampu gantung, chandelier, light strip atau lampu dinding.

See Also: