GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Pilihan Interior Kantor Jakarta I Desain Unik dan Elegant

February 12, 2018

Interior Kantor Jakarta

 

 

Interior Kantor Jakarta – Tidak hanya rumah nyaman yang penting untuk dimiliki oleh semua orang, tetapi memiliki ruang kantor yang berfungsi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda juga penting. Hal ini dikarenakan situasi dan kondisi ruang kantor secara langsung mampu mempengaruhi kemampuan orang untuk bekerja dan kinerja karyawan Anda yang bekerja di dalamnya.

 

Untuk itu, perlu bagi Anda memulai menata ruang kantor Anda menjadi rapi dan estetik.  Dengan ruang kantor yang rapi dan estetik, maka kinerja daripada karyawan Anda pun menjadi lebih produktif, penuh perhatian, dan kreatif setiap harinya. Yuk, simak tren desain kantor terbaru tahun 2018 ini.

 

Tren Makro

  1. Area Kerja yang Tidak Konvensional (Unconventional Work Areas)

Tren desain ini dipelopori oleh generasi milenial dan pilihan mereka adalah ruang terbuka, lingkungan kerja kolaboratif, dan atipikal. Desain area kerja yang tidak konvensional yang dimaksud berbentuk berikut: terdapat ruang tamu, ruang meditasi, atau ruang konferensi dilengkapi dengan sofa, kursi bean bag, tanaman hijau, tikar yoga, segelintir warna cerah, dan banyak ruangan untuk berbagai aktivitas/kegiatan. Kantor di seluruh dunia kini sedang mengadopsi desain ruang kerja baru dan tidak ortodoks ini untuk menarik talenta muda dan membuat ruang kerja lebih menyenangkan dan sinergis.

 

  1. Ruang Dinamis (Dynamic Spaces)

Tren ruang dinamis ini telah muncul sebagai salah satu tren desain paling populer selama 2-3 tahun terakhir. “Dinamis” dimaksud dengan ditandai oleh aktivitas dan perubahan yang biasanya terus-menerus dan produktif. Hal ini dikarenakan ruang dinamis didesain untuk dapat dipindahkan, selalu berfluktuasi, menarik, dan dapat berubah dari ruang bagi pesta perusahaan dan kegiatan menjadi ruang untuk konferensi tradisional atau area pertemuan.

 

Selain itu, ruang dinamis ini juga menawarkan kesempatan bagi bisnis untuk lebih kreatif dengan ruang mereka. Desain Ruang dinamis yang dimaksud berbentuk berikut: terdiri atas perabotan ringan dan mudah bergerak dengan roda, pintu garasi hingga ruang terbuka, tanaman dan kontainer, pemisah dinding hijau yang dapat dipindah-pindahkan, dan papan lap atau papan kapur.

 

 

  1. Dirancang secara Biofisik (Biophillically Designed)

Lebih dari sekedar tren, desain Biophilic adalah filosofi yang telah terbukti secara ilmiah tentang hubungan bawaan kita dengan alam dan unsur-unsur alam. Namun, tren ini jauh dari sekedar penambahan beberapa tanaman di kantor Anda, Desain biophilic ini pada intinya menggunakan alam sebagai kerangka arsitektur untuk membentuk pola dan bentuk alam ke lingkungan binaan melalui penggunaan tekstur, pola, pencahayaan alami, dan tanaman hidup.

 

Dikarenakan fokusnya yang ada pada alam, tren ini terus berkembang pesat pada tempat-tempat yang kondisi alamnya sulit untuk dicapai seperti kantor di wilayah metropolitan yang besar, ruang perkantoran yang lebih kreatif dan progresif di pusat teknologi besar, serta industri konstruksi dan teknik pada umumnya.

 

 

  1. Desain Nyaman Bergaya Rumah (Homestyle Comfort Design)

Desain ini adalah tanda bahwa atasan mendengarkan keinginan karyawannya, atau memikirkan cara baru dan menyenangkan agar para karyawan dapat bekerja lebih lama. Desain ini membuat kantor terasa lebih nyaman atau tidak biasa. Nyaman yang dimaksud termasuk hal-hal yang jarang terlihat seperti:

  • restoran (restaurants)
  • truk makanan (food trucks)
  • bar (bars)
  • lemari es bir (beer fridges)
  • perapian (fireplaces)
  • shower (showers)
  • ruang permainan (game rooms)
  • dan banyak lagi

Desain Homestyle ini pada dasarnya berkembang dari kaum milenial yang tumbuh dalam dunia kerja dan kecintaan kaum milenial terhadap kenyamanan, keterlibatan yang tidak konvensional, dan langsung.

 

 

 

Tren Micro

  1. Pembatas Hijau> Dinding Kubus

Kantor merobohkan dinding bilik yang mendukung ruang kantor terbuka dengan meja kerja dan lingkungan kerja kolaboratif. Meskipun demikian, tren ini tetap memberikan privasi kepada karyawannya dengan membawa kembali dinding privasi ke kantor, tetapi kali ini dengan sentuhan hijau. Pemisah dinding hijau ini dibawa untuk memberikan privasi, pengurangan kebisingan, dan pembagian ruang tanpa menghancurkan keseluruhan nuansa dan arus ruangan, atau mempengaruhi kreativitas dan produktivitas secara negatif.

 

 

  1. Hijau Tanpa Tembok (Green Without the Wall)

Tidak semua bangunan atau kantor diciptakan sama. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan ketika mereka membuat keputusan untuk “Go Green.” Tidak semua pemilik bangunan atau penyewa dapat menginstal dinding hijau besar yang mungkin memerlukan sistem irigasi, sejumlah besar ruang, dan terkadang rekayasa struktural.

 

Untuk itu, tren Green Without the Wall ini hadir dengan menciptakan ilusi dinding hijau dengan memanfaatkan hal-hal seperti keranjang gantung di ketinggian atau tingkat yang berbeda untuk menciptakan dinding gantung dan mengelompokkan tanaman di rak untuk menciptakan tampilan dinding hijau. Tren ini pun akhirnya menjadi praktik umum di kantor kecil dan startups yang ingin sebanyak mungkin kehijauan tanpa dinding.

 

 

  1. Semen Semuanya

Bahan semen tidak lagi hanya terdegradasi ke alam terbuka, Anda akan menemukan semen di rumah, restoran, kantor, dan di mana saja dan dimana-mana akhir-akhir ini. Fitur tradisional non-semen seperti lantai, meja, wadah tanaman, bak cuci, dan rak, sekarang sedang dibangun dan dirancang menggunakan semen dan dilapisi dengan kayu, batu, atau bahkan cat. Warna abu-abu dan pewarnaan cahaya beton ini akan dipecah dengan munculnya warna hijau dari tumbuhan dan warna netral untuk menciptakan penjajaran yang menakjubkan yang menonjol sebagai modern dan industri.

 

 

  1. Memperkenalkan Terrariums

Terrariums telah menjadi aksen utama bagi para desainer dan landscapers interior tahun ini karena mereka telah memperluas jangkauan mereka di luar pengaturan kantor tradisional dan ritel ke wilayah baru seperti layanan makanan, kamar mandi, ruang permainan, dan kantor kesehatan.

 

Keunggulan daripada terrariums ini adalah layanan cepat, sifat perawatan rendah, ukuran hemat ruang, dan keindahan menawan yang menarik hingga siapapun yang bertemu dengan mereka akan memperhatikannya. Selain itu, terrariums ini juga dapat disesuaikan dengan barang-barang dekoratif dan wadah yang indah, atau bisa juga berupa karya desain dan teknologi, dilengkapi dengan mesin kabut, sensor, dan display cahaya yang memungkinkannya ditempatkan di area dimana tanaman lain tidak dapat bertahan.

 

Itulah beberapa tren desain kantor terbaru tahun 2018 ini. Karena telah memasuki tahun yang baru, maka suasana kantor pun harus baru. Anda dapat melakukan penataan ruang kantor agar semakin rapi dan estetik dengan menggunakan jasa desain interior terpercaya, Gema Intermulia.

 

Gema Intermulia ini adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor Jakarta. Untuk informasi lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Gema Intermulia di gemaintermulia.co.id.

 

Pilihan Referensi Interior Kantor Jakarta Yang Keren

 

Untuk referensi dalam menata ruang kantor Anda, berikut ini adalah beberapa contoh interior kantor Jakarta.

 

  1. Jakarta Creative Hub

desain kantor creative hub

 

Jakarta Creative Hub yang berlokasi di lantai 1 Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, ini merupakan wadah bagi para pelaku usaha muda untuk mengembangkan kreativitas mereka dan berwirausaha. JCH ini memiliki fasilitas 3 ruang kelas atau classroom A, B, dan C, makerspace yakni ruangan berisi mesin-mesin produksi seperti 3D printing, laser cutting, woodworking atau ruangan berisi mesin-mesin pengolah produk berbahan kayu, mesin jahit, mesin obras, vacuum forming, co-office atau kantor bersama sebanyak 12 unit yang masing-masing berukuran 12 meter persegi, perpustakaan, ruang meeting, serta sebuah kafe. Fasilitas-fasilitas JCH tersebut hingga kini mampu mendukung lima bidang usaha yakni kriya, fashion, desain komunikasi visual (DKV), arsitektur, dan desain produk.

 

 

  1. HPI AGRO

desain interior kantor HPI Agro

 

HPI-Agro adalah perusahaan yang telah mempraktikkan agribisnis ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga kantor juga menekankan kebutuhan untuk memberikan yang terbaik bagi tim untuk mempertahankan kinerjanya.

 

 

  1. Navteq Indonesia (NOKIA)

desain interior kantor Nokia Sovereign Plaza

 

Menempatkan detail yang dinamis, bersama dengan GIS, PT. Navteq Indonesia (NOKIA) telah menciptakan sebuah interior kantor Jakarta yang tidak hanya memberi energi kepada tim, tetapi juga mendorong efisiensi dan ide bagus.

 

 

  1. Scania

design interior kantor Scania

 

Pabrikan truk berat, bus, serta mesin industri dan kelautan terkemuka dan berpengalaman, GIS merancang interior kantor Jakarta dari PT. Scania dengan percikan modernitas dan perabotan diperbarui tanpa meninggalkan kenyamanan.

 

 

  1. Lam Seng Hang Indonesia

desain interior lam seng hang indonesia

 

Pemasok dan distributor bahan baku kimia terkemuka di Indonesia, PT. LSH Indonesia, memutuskan untuk bermitra dengan GIS untuk membuat kantor mereka lebih menuju kepada gaya perabotan yang cair dan efektif.

 

 

  1. COECLERICI

design interior kantor COECLERICI

 

Perusahaan Coeclerici ini adalah perusahaan Italia yang telah berfokus pada industri pertambangan sejak satu abad yang lalu dan kini kantornya yang terletak di Jakarta memiliki desain modern dengan meja kayu putih dan cat yang tampak rapi dan pengaturan furniture yang tampak profesional.

 

 

  1. Asiadrill Bara Utama

desain interior kantor Asiadrill Bara Utama

Menyediakan jasa pengeboran ke sektor pertambangan dan eksplorasi di Indonesia, PT. Asiadrill Bara Utama telah menempatkan tampilan yang modern dan telah disesuaikan pada kantor mereka yang dirancang oleh GIS.

 

 

  1. Bahtera Alam Tamiang

desain interior kantor bahtera alam tamiang

Sebuah perusahaan pertambangan batubara, Kantor PT. Bahtera Alam Tamiang adalah ruang yang kompak dan efisien untuk menghadirkan setiap kompetensi dari tim mereka.

 

 

  1. Michelin

design interior kantor michelin

 

Perusahaan Michelin adalah perusahaan produsen ban terbesar asal Perancis yang bermarkas di Clermont-Ferrand, Auvergne, Perancis. Di Indonesia sendiri, PT Michelin Indonesia resmi dibuka di Jakarta pada April 2011 sebagai awal dari perjalanan baru bagi Michelin. Bukan hanya awal perjalanan bagi Michelin, tetapi juga bagi konsumen dalam merasakan sebuah pengalaman baru, yakni mobilitas yang lebih baik di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, PT Michelin Indonesia menawarkan produk dengan kualitas yang tinggi pada segmen tertentu yakni ban pada mobil penumpang, truk ringan, serta truk & bis.

 

 

  • Jenedi Investama

desain interior kantor Jenedi Investama

 

Sebagai perusahaan investasi, PT. Jenedi Investama harus memberikan kinerja terbaik kepada klien mereka dan hal itu tercermin pada kantor mereka dalam pengaturan yang efektif untuk meningkatkan produktivitas.

 

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Menggunakan Jasa Perusahaan Interior Design untuk Renovasi Kantor
5 Tips Memilih Jasa Desain Interior Kantor I Gema Intermulia
5 Tips Memilih Office Interior Contractor
Jasa Design Interior Kantor Jakarta I Terpercaya I Berpengalaman

See Also: