GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Adaptasi Gaya Zen Jepang Pada Desain Ruang Kerja Kantor

September 26, 2017

Jepang bisa menjadi referensi desain ruang kerja kantor. Meskipun arsitektur dan interior bernuansa modern, mereka juga tak meninggalkan karakteristik dan kebudayaan leluhur.  Gaya dekorasinya tak jauh berbeda dengan karakteristik penggunaan material sederhana dan damai yang menjadi ciri gaya Zen.

 

Jika dilihat dari definisinya, Zen berarti meditasi. Hal ini menujukkan dekorasi Jepang memiliki nuansa yang tenang, nyaman, damai, sederhana, dan dekat dengan alam. Karena dikenal dengan kesederhanaannya, dekorasi Jepang mulai dilirik untuk interior rumah ataupun kantor, khususnya bagi mereka yang menyukai desain minimalis.

Jika Anda ingin mengadopsi gaya minimalis Jepang untuk desain ruang kerja kantor, ini tipsnya.

Pemilihan Warna

Sesuai dengan cirinya, ada baiknya hindari menggunakan warna terang karena menghilangkan kesan yang damai. Warna-warna alam, seperti cokelat, abu-abu, putih, atau hijau bisa Anda pilih pada dekorasi kantor.

Pemilihan Furnitur

Pemilihan furnitur bergaya Jepang bisa Anda adopsi pada ruang resepsionis. Pilih sofa minimalis dengan warna cokelat atau putih dan meja kayu untuk menciptakan kesederhanaan dan ketenangan. Sementara konsep lesehan beralaskan tatami dan bantal untuk duduk bisa Anda terapkan pada ruang kumpul karyawan atau ruang serba guna.

Hindari pemilihan furnitur dan pajangan terlalu banyak. Untuk memberikan kesan alami, letakkan tanaman hias pada pot kecil hingga aquarium kecil sebagai pilihan pajangan ruangan.

 

BACA JUGA: Menciptakan Kantor yang Nyaman Menurut Negara Paling Bahagia

Penerangan

Bukan cuma berciri kesederhanaan, dekorasi Jepang juga mengedepankan keterbukaan pada area dalam dan luar. Hal ini bisa Anda aplikasikan pada ruangan melalui pengunaan jendela besar. Terlebih lagi desain Jepang menggunakan pencahayaan natural. Jadi jendela yang besar bukan hanya baik pada sirkulasi udara, tetapi juga memberikan penerangan yang natural.

Penggunaan Tanaman

Penggunaan tanaman menciptakan kesan damai dan alami pada ruang kerja kantor. Letakkan elemen alam, seperti tanaman hias dan dominasi batu alam jika kantor memiliki taman pada halaman depan.

Pastikan untuk Selalu Rapi

Menghindari penggunaan furnitur yang berlebihan bertujuan untuk menciptakan ruangan rapi yang menjadi ciri khas dekorasi Jepang. Agar tidak berantakan dan membuat ruangan menjadi sempit, gunakan teknologi nirkbale, seperti pemilihan laptop dibandingkan dengan komputer. Simak di sini untuk mengetahui tips ruang kantor tetap bersih dan rapi.

 

SOurce image: Pexels.com

See Also: