GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Tren Desain Ruang Kerja Kantor di Tahun 2018

July 3, 2018

Desain Ruang Kerja Kantor

 

Desain Ruang Kerja Kantor – Karyawan Anda menghabiskan banyak waktu di kantor setiap hari kerja – bahkan mungkin lebih banyak waktu daripada di rumah. Untuk itu, memiliki rasa kenyamanan saat bekerja di kantor adalah perhatian utama bagi banyak orang. Hal ini tentunya menempatkan perusahaan Anda dalam sebuah misi untuk menyediakan desain ruang kerja kantor yang mendorong semua hal positif – kebahagiaan, produktivitas, kolaborasi, dan kesejahteraan di tempat kerja.

 

Menurut Forbes, karyawan yang menikmati dan menyukai lingkungan mereka adalah bagian dari menjadi lebih terlibat, produktif, bahagia, dan sehat. Untuk itu, ketika Anda berencana untuk mendesain kantor baru atau yang lebih segar untuk merapikan tempat kerja Anda, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari tren yang terlihat mendominasi pada tahun 2018 ini.

 

 

Ruang Fleksibel dan Dinamis

 

 

Ruang kantor yang dinamis masih menjadi desain yang populer. Bahkan sekarang semakin banyak perusahaan yang mengintegrasikan area kerja yang fleksibel dalam tata letak kantor mereka. Pembatasan minimal adalah fitur yang membedakan desain kantor jenis ini, dimana karyawan dapat menyesuaikan diri dengan di mana atau bagaimana mereka ingin bekerja. Dalam pengaturan kantor ini, perabot dapat dipindahkan atau diatur ulang dengan mudah. Desain ini sangat menarik bagi karyawan karena mereka tidak harus dikurung di workstation yang tradisional. Anda dapat memiliki sofa kantor yang dapat menampung karyawan yang bekerja di laptop mereka, sebagai contoh.

 

 

Desain Biophilic

 

 

Desain ruang kerja kantor Biophilic berkenaan dengan kecintaan hidup dan living world (berasal dari kata “biophilia”), khususnya unsur-unsur yang umumnya ditemukan di alam. Dengan demikian, desain biophilic menggunakan alam sebagai latar belakang dimana pola, bentuk, dan komponen yang terinspirasi oleh alam membentuk keseluruhan tampilan dan nuansa kantor Anda. Desain ini sangat membantu jika Anda berada di area yang belum memiliki akses ke alam. Desain kantor biophilic mungkin termasuk panel kaca untuk membiarkan lebih banyak cahaya alami masuk; tanaman buatan atau alami untuk menghadirkan rasa tenang, fokus, dan energi; atau warna dan pola alami untuk meniru dunia luar dan membawanya ke lingkungan kantor.

 

 

Integrasi Teknologi

 

 

Tidak diragukan lagi, teknologi adalah kekuatan pendorong yang mengubah cara orang dan bisnis beroperasi. Dengan pengaturan kantor yang diaktifkan secara teknologi, karyawan Anda dapat bekerja lebih cerdas dan lebih cepat, keduanya sama-sama menguntungkan bagi bisnis Anda. Saat Anda mengintegrasikan teknologi ke dalam desain ruang kerja kantor Anda, pastikan Anda menyertakan layar untuk presentasi, kemampuan konferensi video, wireless charging ports, smartboards, data sharing, dan kenyamanan serupa. Kuncinya adalah Anda menggunakan teknologi untuk membantu karyawan Anda mengatasi potensi masalah yang terkait dengan kolaborasi, komunikasi, manajemen proyek, dan bidang bisnis penting lainnya.

 

 

Home-Inspired Setup

 

 

Konsep home-away-from-home pada dasarnya adalah ide desain kantor ini. Jika Anda ingin kantor Anda terasa nyaman bagi karyawan Anda, masukkan aspek-aspek sederhana ke tempat kerja. Memiliki ruang tidur, bar, lounge, TV atau ruang permainan – Anda dapat menjadi unik seperti yang Anda inginkan! Menambahkan semua rasa nyaman berarti menciptakan lingkungan kerja yang menggabungkan keseimbangan kenyamanan dan fungsionalitas yang baik. Ini akan menjadi tempat kerja yang tidak konvensional yang akan disukai oleh para karyawan Anda setiap hari!

 

 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mendesain Ruang Kantor Agar Semakin Produktif

 

 

Daerah Inovatif

 

 

Desain ruang kerja kantor ini akan disambut oleh generasi millennial yang membentuk sejumlah besar tenaga kerja saat ini. Sebagai sebuah kelompok, generasi millenial berbagi kecenderungan untuk melakukan pengaturan kerja out of the box yang dapat berangkat dari ruang tamu untuk berkolaborasi menjadi ruang rapat santai dengan bean bags yang disediakan di lantai atau ruang meditasi dimana karyawan dapat menarik diri ketika terlalu banyak pekerjaan kantor yang menghambat mereka. Sama pentingnya bagi generasi milenium untuk dapat membentuk lingkaran sosial di dalam kantor, dan memiliki lebih banyak ruang terbuka membuatnya mudah untuk menyatukan semua orang baik untuk interaksi yang ramah atau profesional.

 

 

Ruang Rapat Kolaboratif

 

 

Ruang kolaboratif adalah desain ruang kerja kantor lain yang didorong oleh generasi millennial. Karyawan milenium cenderung pindah dari meja mereka dan lebih memilih untuk berkumpul di daerah-daerah komunal untuk sesi brainstorming atau untuk rapat yang kurang formal. Mereka lebih menyukai desain kantor yang mendorong kolaborasi, pembelajaran, dan budaya yang kuat. Ruang rapat juga tidak perlu lagi dibungkus dalam pintu kaca karena penting untuk area kantor menjadi konvertibel (misalnya ruang rapat untuk menerobos atau sudut yang tenang) memungkinkan kantor untuk memanfaatkan ruang dengan baik.

 

 

Artikel Lainnya : 3 Manfaat Penting Mendesain Interior Kantor

 

 

Workstation yang Ramah Privasi

 

 

Meskipun popularitas ruang terbuka dan tata letak yang fleksibel, masih ada alasan kuat untuk tidak menjatuhkan ruang pribadi dalam desain ruang kerja kantor sama sekali. Jika Anda harus menyertakan beberapa bagian dari denah lantai Anda, Anda dapat menyingkirkan pembagi atau bilik tradisional dan sebaliknya menggunakan pengaturan semi-tertutup yang masih membiarkan karyawan Anda bekerja dengan sedikit gangguan. Anda bahkan dapat menghijaukan kantor Anda melalui dinding-dinding hijau yang berdiri sendiri, yang juga berfungsi seperti pembatas, tetapi dengan sentuhan yang lebih ekologis dan cair.

 

 

Tempat Kerja Sesuai dengan Identitas Brand (Branded Workplace)

 

 

Konsep desain ruang kerja kantor ini didasarkan pada gagasan bahwa perusahaan memiliki cerita untuk diceritakan, dan cara Anda membangun gedung atau fasilitas dapat membantu Anda membagikan cerita itu untuk menginspirasi karyawan Anda atau masyarakat. Arsitektur kantor Anda dapat mewakili awal atau prinsip inti perusahaan Anda yang sederhana – diekspresikan dalam struktur perabot kantor Anda, palet warna, citra, dan elemen desain lainnya yang digunakan dalam lingkungan kerja Anda.

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Pertimbangkan Dalam Perburuan Desain Ruang Kerja Kantor Anda

 

Jangan hanya puas dengan estetika.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa tempat kerja yang dirancang secara estetis dapat memotivasi karyawan Anda tanpa akhir, kebenarannya estetika bukanlah segalanya untuk produktivitas atau kebahagiaan karyawan. Untuk itu, luangkan waktu untuk merefleksikan jenis budaya, nilai, bakat, dan proses yang mendefinisikan organisasi Anda dan memasukkan faktor-faktor ini ke dalam keseluruhan tampilan kantor Anda.

 

Pikirkan fleksibilitas di tingkat karyawan dan organisasi.

 

Dengan desain ruang kerja kantor yang nyaman dan perubahan yang semakin meningkat menuju kondisi kerja yang fleksibel, Anda dapat fokus pada penggunaan ruang kantor Anda untuk melayani kebutuhan karyawan dan perusahaan Anda. Bagi karyawan Anda, memiliki area kerja yang fleksibel berarti mereka dapat dengan mudah pindah ke tempat yang mendukung jenis aktivitas atau tugas – apakah itu sesuatu yang melibatkan kolaborasi atau isolasi – mereka akan lakukan pada hari tertentu. Untuk organisasi Anda, desain kantor yang fleksibel berarti memilih perabot, peralatan, dan teknologi Anda secara hati-hati untuk membantu perusahaan Anda menyesuaikan dengan perubahan potensial dalam unit bisnis, prioritas, atau strategi serta kebutuhan staf.

 

Bekerja dengan para ahli.

Prinsip Desain & Fit-Out PT. Gema Intermulia Sejahtera didasarkan pada premis bahwa desain ruang kerja kantor melengkapi produktivitas karyawan dan budaya kerja yang sukses. Layanan kami sangat personal dan dapat diandalkan saat kami memimpikan kemitraan kami untuk menghadirkan inovasi kantor dalam kondisi terbaiknya.

Gema Intermulia sendiri adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor. Untuk informasi lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Gema Intermulia di www.gemaintermulia.co.id.

 

Sumber: figarigroup.com
Dibuat Oleh: third party

See Also: