GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Kelebihan & Kekurangan Desain Ruang Kerja Kantor Konsep Open Space

September 20, 2017

Desain ruang kerja kantor berkonsep terbuka atau open office layout menjadi tren dalam beberapa tahun kebelakang ini, khususnya untuk kalangan startup. Banyak yang bilang jika desain terbuka akan meningkatkan produktivitas karyawan. Benarkah seperti itu?

Kelebihan Desain Ruang Kerja Kantor Open Space

Kelebihan Desain Ruang Kerja Kantor Open Space via Pexels
Kelebihan Desain Ruang Kerja Kantor Open Space via Pexels

Open space seperti “angin segar” dalam desain kantor saat ini meninggalkan desain konvensional dengan banyak sekat. Berikut ini alasan mengapa kantor Anda harus mempertimbangkan konsep tersebut.

1. Budget Sedikit

Desain ruang kerja open space pada kantor tidak memiliki cubicle pada meja karyawan. Tidak ada biaya cubicle dan menggunakan banyak ruangan. Dari segi budget, konsep ini lebih ekonomis. Perusahaan juga tak perlu mengeluarkan budget fasilitas dan biaya listrik juga lebih terjangkau.

2. Komunikasi Terjalin antarkaryawan

Jika perusahaan Anda tergolong memiliki divisi cukup banyak, seringkali proses komunikasi terhambat saat setiap divisi memiliki cubicle atau ruangan sendiri. Keuntungan open space adalah meminimalisir hal tersebut. Komunikasi antarkaryawan terjalin dengan baik karena tak ada sekat dan terbuka.

3. Pengawasan Lebih Mudah

Dari sisi managerial, pengawasan ke seluruh karyawan mudah dilakukan. Managerial juga akan mudah membimbing karyawan mengingat seluruh tim berada di lingkungan yang dekat. Hal ini juga berdampak pada efisiensi waktu pekerjaan.

4. Desain Interior yang Mudah Diubah

Bosan dengan desain interior kantor yang begitu-begitu saja? Perusahaan bisa mengubah desain ruang kerja kantor menjadi lebih mudah dengan konsep open space.

5. Terjalin Hubungan Karyawan dengan Atasan

Ada jarak antara karyawan dengan atasan? Sebaiknya pertimbangkan konsep open space pada office interior Anda. Bukan hanya hubungan antarkaryawan saja yang menjadi baik, hubungan karyawan dengan atasan juga akan meningkat mengingat kedua belah pihak bisa menjangkau satu sama lain. Produktivitas pun semakin meningkat.

 

Kekurangan Desain Ruang Kerja Kantor Open Space

Kekurangan Desain Ruang Kerja Kantor Open Space via Pexels
Kekurangan Desain Ruang Kerja Kantor Open Space via Pexels

 

Ada kelebihan, ada juga kekurangan. Begitu juga pada konsep ruangan terbuka. Tak dapat disangkal jika konsep baru ini memiliki kelemahan yang perhu diantisipasi perusahaan.

 

1. Tak Ada Ruang Pribadi

Repotnya, baik karyawan maupun managerial harus mencari ruangan saat akan melakukan percakapan pribadi yang bersifat rahasia. Timjuga akan kesulitan untuk membicarakan pekerjaan dengan anggota tim. Jadi, akan lebih baik jika perusahaan menyediakan beberapa ruang meeting.

2. Konsentrasi Terganggu

Dalam artian ada banyak suara yang berbicara dan kerap menggangu konsentrasi. Mulai dari suara telepon, orang mengobrol, dan suara lain yang terdengar saat perusahaan menggunakan konsep open space.

3. Tidak Aman

Kelemahan dari open space adalah kurangnya keamanan. Hal ini dikarenakan tidak ada penjagaan yang ketat. Jadi setiap karyawan harus menjaga barang mereka di meja masing-masing.

See Also: