GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Ciri Desain Interior Kantor Bergaya Industrial

April 26, 2017

Kesan formal pada desain ruang kantor, dengan furniture kaku dan kubikel, tentu membuat banyak generasi millennial merasa bosan. Ruang kantor bukan hanya sebagai tempat bekerja, tetapi juga sebagai tempat berinteraksi antar karyawan dengan klien hingga menciptakan branding perusahaan.

 

Interior desain kantor yang tak umum, seperti bergaya industrial, faktanya bisa meningkatkan produktivitas dan menciptakan ide-ide segar yang berdampak baik dengan perusahaan. Desain industrial menghasilkan konsep modern (atau justru rustic) dan yang pasti memberikan kesan unfinished sehingga ruangan terlihat lebih unik.

 

Ciri Desain Industrial

Ada beberapa ciri karakter ruangan dengan desain industrial. Jika ingin diaplikasikan dalam kantor, setidaknya hal-hal di bawah ini harus Anda hadirkan.

 

  • Dinding dan Lantai

Ciri desain industrial pada dinding dan lantai memiliki tampilan bata, beton, atau lantai semen dan kayu yang terekspos. Bisa dibilang dinding dan lantai menjadi focal point yang menjadi daya tarik utama ruangan.

 

  • Metal dan Kayu

Penggunaan metal dan kayu menjadi material umum yang digunakan. Beberapa furniture yang digunakan dengan bahan metal atau kayu, seperti jendela, plafon, tangga, atau lantai.

  • Kabel dan Pipa

Bukan hanya menggunakan material metal dan kayu saja, tetapi juga mengekspos kabel, pipa, atau balok. Jika kabel dan pipa menjadi bagian dalam konstruksi yang disembunyikan, desain interior industrial justru menampilkan bagian tersebut untuk menciptakan kesan unfinished yang menjadi ciri gaya industrial.  

 

  • Warna

Agar desain interior bergaya industrial lebih terasa, gunakan warna hangat dan netral, baik pada pemilihan furniture maupun warna dinding. Beberapa warna yang mendominasi pada gaya industrial, seperti cokelat, abu-abu, putih, atau gabungan warna-warna tersebut.

 

  • Furniture Daur Ulang

Anda juga bisa kok memanfaatkan barang-barang bekas untuk didaur ulang, baik untuk furniture ataupun aksesori untuk mendekorasi ruangan. Beberapa barang yang bisa digunakan kembali, seperti papan reklame, peti minuman, atau patahan besi yang memiliki kesan industrial.

 

  • Penempatan Meja Kantor

Pada interior desain ruang kerja kantor, penempatan meja dan kursi bisa didesain secara tak beraturan. Misalnya ada yang berhadapan, bersebelahan, atau berseberangan dengan penataan yang tak sama akan membuat ruangan lebih santai dan “berantakan”. Namun, pastikan jika ruangan tak mengganggu aktivitas karyawan.

 

See Also: