GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Bagaimana Menciptakan Ruang Kantor Sederhana (Minimalis)?

February 14, 2017

Desain ruang kantor sederhana atau minimalis tampaknya menjadi pilihan banyak perusahaan mengingat konsep ini bisa diaplikasikan untuk seluruh ukuran kantor. Kantor dengan ruangan yang luas, juga ruangan terbatas bisa diterapkan tergantung bagaimana cara perusahaan mengelola ruangan yang ada.

 

Ada beberapa alasan mengapa konsep minimalis baik untuk desain interior kantor. Pertama, menghemat waktu, tenaga, serta biaya–termasuk ¬†untuk biaya interior. Kedua, memudahkan perawatan mengingat barang yang digunakan tak begitu banyak. Ketiga, desain interior kantor yang sederhana memberikan citra baik untuk perusahaan karena desain yang simple dan tak norak.

 

Lalu bagaimana menciptakan ruangan dengan konsep minimalis untuk kantor?

 

Seleksi Furniture Sesuai Fungsi

Konsep minimalis membuat Anda harus mencoret banyak daftar furniture dan alat kantor lainnya. Fokus pada barang penting, seperti meja dan bangku kerja, lemari arsip, serta komputer. Seleksi furniture dengan mempertimbangkan fungsinya dibandingkan kuantitasnya, juga model furniture yang simple dan mudah diangkat bahkan multifungsi. Pastikan jika pemilihan furniture membuat karyawan nyaman.

Perhatikan Pencahayaan

Sebenarnya apa pun konsep desain interiornya, pencahayaan menjadi hal penting. Maksimalkan pencahayaan, baik lewat sinar matahari ataupun lampu. Sebuah penelitian menemukan ruangan kerja kantor yang memiliki jendela membuat karyawan bisa tidur lebih nyenyak pada malam hari. Hal ini berdampak baik pada produktivitas karyawan esok harinya.

Konsep Ruang Terbuka

Konsep minimalis identik dengan ruangan kerja kantor yang terbuka. Konsep open office memberikan kesan dinamis, berjiwa muda, dan bekerja cepat yang kerap Anda temukan pada perusahaan start up.

 

Hindari penggunaan sekat yang tidak perlu. Untuk memisahkan antarruangan, Anda bisa menggunakan pemisah kaca untuk memberikan kesan terbuka. Sementara untuk bagian plafon, sebaiknya hindari plafon tertutup agar ruangan lebih kasual.

Pemilihan Warna

Meskipun interior sedikit menggunakan furniture, pemilihan warna untuk kantor minimalis justru lebih beragam. Salah satu ciri khas kantor minimalis adalah penggunaan beberapa warna cat tembok dalam satu ruangan. Misalnya saja warna-warna pastel yang cerah untuk memberikan kesan elegan dan tak monoton. Namun, kembali lagi pemilihan warna ada baiknya disesuaikan dengan identitas perusahaan.

Jasa Desain Interior

Sayangnya dalam satu perusahaan tak seluruh karyawannya memahami betul konsep ruangan kantor minimalis. Perusahaan bisa menggunakan jasa desain interior untuk mendapatkan ruangan kerja kantor sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk desain interior kantor minimalis, kami memiliki referensi untuk kantor Anda. Simak di bawah ini.

 

 

 

See Also: