GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Bagaimana Menciptakan Desain Ruangan Meeting Kantor yang Nyaman dan Efektif?

February 28, 2017

Meskipun tak digunakan setiap saat, ruangan meeting jadi hal krusial dalam sebuah perusahaan. Sebagai lokasi pertemuan bisnis, baik antar karyawan, executive, hingga client, ruang meeting yang nyaman bisa membuat rapat berjalan lebih efektif.

Meeting room memang sebaiknya dibuat fleksibel dan efektif agar kinerja dan produktivitas tetap terjaga. Hal apa saja yang harus diperhatikan saat membuat ruangan meeting?

Jauh dari mobilitas karyawan

Tak bisa disangkal jika meeting membutuhkan konsenterasi dan jauh dari hingar bingar. Ada baiknya pilih ruangan jauh dari gangguan mobilitas karyawan agar suasana lebih tenang, apalagi jika perusahaan Anda tak menggunakan kedap suara pada ruang meeting.

 

Ruang meeting formal atau informal?

Ada perbedaan antara ruangan meeting formal dengan informal. Ruang meeting formal didesain bersifat resmi yang menunjang ketenangan. Sementara ruang meeting informal cenderung lebih santai dan biasanya digunakan untuk antar karyawan. Beda jenisnya, beda pula furniture interior yang akan digunakan.

 

Penataan meja dan kursi

Misalnya saja penggunaan meja pada ruang meeting ada baiknya memerhatikan dari jenis meeting itu sendiri.

  • Meja lingkaran atau round table digunakan untuk meeting yang bersifat diskusi agar bisa saling berhadapan. Biasanya digunakan untuk meeting formal dengan jumlah peserta yang banyak.
  • Meja U shape digunakan untuk meeting yang lebih interaktif. Dimana ada satu speaker untuk presentasi.
  • Square table bisa digunakan untuk ruangan meeting informal. Pesertanya tak begitu banyak tetapi tetap ada interaksi.

Sementara untuk layout kursi tentunya disesuaikan dengan meja. Khusus untuk ruang meeting, pilih kursi yang empuk dan nyaman jika rapat memakan waktu lama. Sementara kursi plastik atau kayu dengan dudukan keras hanya digunakan untuk meeting yang sebentar.

 

Penggunaan Warna Netral

Warna-warna netral sebaiknya dipilih untuk warna tembok ruang meeting. Netral bersifat tak mencolok sehingga peserta meeting bisa lebih fokus. Hindari meletakkan banyak ornamen tak penting, baik pada dinding ataupun meja kantor.

 

Pencahayaan Ruang Meeting

Hal tak kalah penting lainnya dalam membuat ruang meeting kantor adalah pencahayaan. Pastikan untuk meletakkan beberapa penerangan lampu agar pencahayaan maksimal. Ruangan yang redup justru mengganggu peserta yang memiliki gangguan penglihatan.

See Also: