GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

Bagaimana Membuat Desain Ruang Kerja Kantor di Rumah?

March 20, 2017

Menjadi pekerja lepas atau freelancer sudah banyak dilakukan orang. Mereka yang tak ingin terikat oleh satu perusahaan atau memiliki usaha memilih untuk bekerja di rumah. Tak salah memang, apalagi bekerja di rumah lebih efisien dari segi waktu, energi, dan dana.

 

Tak sedikit yang memanfaatkan ruangan kecil untuk membuat ruang kantor di rumah. Karena rumah identik dengan tempat istirahat, ada beberapa trik desain ruang kerja kantor di rumah agar bekerja tetap nyaman dan produktif. Yuk, simak!

 

Membuat Ruang Terpisah

Bekerja di rumah tetap tak bisa malas-malasan karena ada deadline yang menunggu. Desain ruang kerja kantor yang terpisah di rumah dengan ruangan lainnya, akan membuat Anda lebih konsenterasi. Anda juga jadi objektif memisahkan antara urusan keluarga dengan pekerjaan.

 

Manfaatkan ruangan yang tak terpakai, seperti basement atau loteng. Tidak ada ruang kosong? Perhatikan sudut atau ruang terbuka di rumah. Pilih satu area atau sudut yang memungkinkan untuk meletakkan meja dan perlengkapan bekerja lainnya. Bahkan Anda bisa memanfaatkan rak buku besar sebagai pemisah antar ruangan.

 

Desain Ruang Kerja yang Tak Kaku

Jangan membuat ruangan kerja yang kaku mengingat ruang kantor berada satu area ruangan rumah. Terlebih lagi jika Anda bekerja seorang diri, tanpa karyawan. Ruangan yang kaku justru tak membangkitkan semangat.

 

Dekorasi desain yang bisa Anda terapkan agar tak kaku misalnya dengan meletakkan barang pribadi. Misalnya mainan, action figure, atau pajangan di dinding atau meja agar Anda betah bekerja lama. Jika ruangan di rumah terlalu sempit, pasang kaca transparan. Trik tersebut bisa membuat ruangan menjadi luas dan terbuka.

 

Pemilihan Warna Netral

Seringkali warna tembok dianggap remeh dalam dekorasi rumah, padahal setiap warna memiliki arti dan berpengaruh pada suasana hati saat bekerja. Seperti waran biru yang memberikan tenang atau justru kuning yang menimbulkan kecemasan. Pilihlah warna-warna netral pada desain ruang kerja kantor di rumah. Terlebih lagi cocokkan dengan tema rumah agar tak begitu kontras.

See Also: