GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

5 Karakteristik Gaya Desain Interior di Asia

October 18, 2017

Desain ruang kerja kantor bergaya Asia bisa Anda terapkan dalam sebuah perusahaan. Konsultasi dengan perusahaan desain interior yang tepat akan membantu perusahaan menciptakan ruangan sesuai dengan keinginan.

 

Namun sebelum Anda berkonsultasi dengan perusahaan desain interior, ada baiknya untuk mengenal betul tentang gaya desain interior Asia. Pada dasarnya, interior khas Asia adalah sederhana tetapi tetap elegan. Tujuannya untuk menciptakan kedamaian, keseimbangan, dan ketenteraman.

Warna

Penggunaan warna, baik pada furniture ataupun warna dinding, setiap negara di Asia tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti Tiongkok mayoritas menggunakan warna merah pekat yang berarti keberuntungan. Sementara Jepang mengedepankan warna-warna netral, seperti coklat dan abu-abu.

Peletakan Tanaman

Ciri khas lainnya pada interior Asia adalah peletakan tumbuhan di sekitar ruangan. Beberapa tanaman yang biasa ada, seperti tanaman bambu di pot kecil dan besar hingga tanaman bonsai yang bisa ditemukan di Jepang.

 

Ada alasan lain juga mengapa perusahaan membutuhkan tanaman pada desain interior kantor. Sebuah studi dari Texas State University pada 2008 menemukan jika meletakkan tanaman dalam ruangan kantor membuat karyawan bahagia dan lebih menyukai pekerjaannya.

Furniture Multifungsi

Untuk memaksimalkan luas ruangan yang minimalis, interior Asia memanfaatkan furniture multifungsi dan sederhana. Selain itu, interior Asia menggunakan tikar tatami khususnya pada Jepang atau wol karpet di Tiongkok untuk penutup lantai.

Tekstur & Pola

Membicarakan tentang tekstur dan pola, Asia memiliki banyak pola yang terbuat dari berbagai macam material. Sebelumnya dikatakan jika ciri khas mereka adalah aksen natural, maka Anda akan menemukan beberapa negara di Asia menggunakan bebatuan yang cerah dan kerikil kecil pada ubin untuk memberikan kesan alam.

 

Budaya Jepang yang identik dengan matahari terbit juga diaplikasikan pada interior. Pola lingkaran bisa Anda temukan di banyak ruangan. Sementara dari sisi material, kebanyakan menggunakan material bambu, baik untuk penggunaan jendela maupun pada hiasan.

Jendela

Motif dan pola juga diaplikasikan ke dalam jendela. Umumnya jika furniture dan karpet sudah terlihat ramai, maka jendela harus lebih sederhana. Sementara penggunaan jendela bermotif bisa diterapkan jika langit-langit berwarna netral.

See Also: