GIS · Interior Contractor
GIS · Interior Contractor

Tips & Trick

10 Tips Menata Ruangan Kantor yang Nyaman Bagi Bisnis Baru (Part 1)

March 8, 2018

Menata Ruangan Kantor

 

Menata Ruangan Kantor – Anda ingin membuka bisnis baru? Tentunya dalam membuat suatu bisnis baru, Anda tentunya membutuhkan kantor yang dapat membantu Anda dan karyawan Anda menjalankan bisnis Anda dengan baik. Namun, agar Anda dan karyawan Anda tetap menjalankan bisnis dengan baik, maka perlu bagi Anda menciptakan lingkungan kantor yang mendukung proses bekerja mereka. Salah satu cara dalam menciptakan lingkungan kantor yang mendukung proses bekerja adalah menata ruangan kantor. Berikut ini adalah beberapa tips menata ruangan kantor yang nyaman bagi Anda yang baru saja memiliki kantor dan memulai bisnis Anda.

 

1.     Tinggalkan Ciri Kaku Korporat

Seiring dengan perkembangan zaman, maka bentuk penataan ruangan kantor pun berbeda. Di era milenial sekarang ini, Anda dapat menciptakan ruang kantor yang open space. Open Space yang dimaksud adalah membuat ruang kantor Anda menjadi tidak bersekat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memunculkan ciri khas dari kantor Anda sendiri. Mulai dari melupakan meja kerja yang berat dan kaku, warna-warna ala kayu yang konvensional, hingga pajangan profesional yang sudah sering terlihat di perkantoran manapun.

 

2.     Manfaatkan Ruangan Kantor Secara Optimal

Bisnis baru mungkin belum memiliki banyak aktivitas kantor, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memiliki sebuah kantor yang kecil. Meskipun memiliki kantor yang kecil, bukan berarti Anda tidak dapat menciptakan lingkungan kantor yang mendukung proses bekerja. Cara terbaik dalam menata ruangan kantor baru Anda yang minimalis adalah dengan memanfaatkan ruang kerja yang fungsional dan profesional, seperti perabotan kantor yang disusun secara efisien dan ergonomis.

 

3.     Maksimalkan Fungsi Storage

Salah satu cara agar menciptakan lingkungan kantor yang mendukung proses bekerja adalah kondisi ruang kantor yang rapih. Sekarang mungkin aktivitas kantor Anda belum terlalu padat, namun seiring berjalannya waktu, maka ruangan kantor Anda akan mulai dipenuhi dengan tumpukan dokumen, kertas, dan arsip yang sangat mengganggu. Untuk itu, Anda memerlukan kebiasaan dalam merapikan dokumen setiap hari atau mencoba prinsip paperless, atau bisa juga Anda mengoptimalkan penataan storage yang tepat. Prinsipnya, Anda harus fokus pada tata cara penataan dokumen sejak dini agar ruangan kantor Anda tetap aman dan rapi bebas dari tumpukan kertas tak berguna.

 

4.     Dekorasi yang Memicu Produktivitas

Dekorasi ruangan kantor yang tepat mampu memicu tingkat produktivitas karyawan Anda dalam menjalankan bisnis Anda. Beberapa elemen dekorasi yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan adalah penerangan, suhu ruangan kantor, warna ruangan, dan lain-lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara sederhana mendesain ruang kantor agar produktif dapat Anda peroleh melalui artikel berikut ini.

 

5.     Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda dalam menjalankan bisnis Anda, Anda perlu menciptakan suasana kantor yang nyaman bagi para karyawan Anda. Salah satunya adalah dengan menciptakan ruangan khusus untuk beristirahat. Hal ini dikarenakan tubuh manusia memiliki batas dalam bekerja sehingga membutuhkan sedikit ruang untuk bersantai sejenak. Peletakan tanaman juga bisa menjadi salah satu sarana pelepas stres saat karyawan merasakan lelah bekerja seharian di ruangan kantor.

 

Demikianlah 5 tips teratas dalam menata ruangan kantor yang nyaman bagi Anda yang baru saja memiliki kantor dan memulai bisnis Anda. Adapun dalam memudahkan Anda menata ruang kantor Anda, Anda dapat mempercayakannya kepada perusahaan jasa desain interior terpercaya, Gema Intermulia. Gema Intermulia ini adalah perusahaan penyedia layanan one-stop-service khusus untuk interior kantor. Untuk informasi lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Gema Intermulia di gemaintermulia.co.id.

 

 

 

 

 

See Also: